Jangan Waktu Jum’at-an Kenapa Sih?

Hampir di setiap masjid, atau musholla, sekarang ini diberi gambar atau tulisan yang intinya kira-kira “Matikan HP ketika sedang beribadah”.

Saya sendiri ngga terlalu patuh dengan himbauan itu, selain karena jarang juga yang menghubungi saya, biasanya HP sudah dalam modus silent atau getar kecuali waktu di rumah. Tapi saya sering juga beberapa kali terganggu dengan bunyi HP yang lucu-lucu saat sedang menjalankan ibadah.

Yang paling menyebalkan, adalah saat sedang sholat Jum’at; tiba-tiba ada HP yang bunyi dengan ringtone yang ajaib. Antara geli, kesal, … dan juga heran. Geli oleh bunyi yang lucu, kesal dengan si empunya HP yang lupa memadamkan HP-nya, dan … ya, saya heran.

Sungguh saya tidak habis pikir bagaimana mungkin ada yang menghubungi koleganya saat jam-jam sholat Jum’at. Bukankah mereka tahu kolega-nya itu muslim, dan jam sholat Jum’at itu sudah pasti antara jam 11.30-12.30 setiap hari Jum’at? Seberapa penting kah urusan itu sampai harus mengalahkan kewajiban umat muslim?

Aneh, saya lalu jadi berpikir, daripada ditulisi himbauan begitu, sekalian saja di masjid-masjid besar diberi pengacak sinyal HP untuk menjamin tidak ada gangguan selama sholat Jum’at…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s