DOS prompt: Solusi cara pindah folder yang namanya mengandung spasi

Untuk beberapa kasus, saya perlu menggunakan DOS prompt. Misalnya untuk melakukan silent install. Tapi masalah dengan DOS prompt adalah dia harus mengikuti aturan 8.3 yaitu nama dalam 8 karakter diikuti dengan 3 karakter ekstensi. Baru-baru ini, konyolnya, saya baru menemukan caranya.

Pertama, buka DOS prompt. Di Windows 7 saya memilih menggunakan cmd.exe karena bisa menerima karakter lebih panjang daripada command.com.

Kemudian di DOS Prompt saya pindahkan ke root folder yang saya maksud, dalam hal ini drive E (ketik e-titikdua-enter). Di situ saya ketik perintah dir /x (dir-spasi-garismiring-x). Setelah tekan Enter, hasilnya adalah sebagai berikut.

Perhatikan bahwa di sisi paling kanan adalah nama lengkap folder dalam versi Windows. Di sisi kirinya adalah nama folder tersebut dalam versi DOS prompt. Untuk pindah ke folder tersebut, saya cukup ketik cd maunins~1 (cd- spasi-namafolder-enter).

Hasilnya, dengan perintah dir /x lagi adalah seperti ini.

Perhatikan bahwa folder yang mirip, memiliki trail yang berbeda (misal sqlser~1 dengan sqlser~2).
That’s all folks. Just as simple as it seems.

One thought on “DOS prompt: Solusi cara pindah folder yang namanya mengandung spasi

Tinggalkan Balasan

