Bakul-bakul di Instagram

Tahu Instagram kan? Itu sosial media yang kita bisa upload foto-foto, terus bisa dikasih hashtag. Nanti para follower bisa liat fot-foto itu, nge-like, kasih komentar.

Sudah lama saya pakai instagram, gara-gara saya pakai iphone dulu itu. Eits, bukan sombong, emang itu instagram awalnya dibikin untuk platform iphone. Semua foto di instagram waktu itu bener-bener diambil dari kamera iphone, karena sangat ribet untuk memasukkan foto dari luar ke dalam iphone meski sudah di-jailbreak. Saya suka instagram karena sering orang posting foto bagus yang unik. Momen-momen on-the-spot, semacam street journalism.

Saya ngga terlalu perhatian ketika Instagram merilis aplikasi untuk platform Android. Kabar baik aja sih kalau memang penggunaannya seperti tujuan awal. Saya baru sadar belakangan bahwa di Android kita lebih mudah masukin foto ke handset. Bahkan foto yang sudah dimanipulasi dengan Photoshop sekalipun. Jadi, makin hari, foto di Instagram mulai aneh-aneh dengan berbagai efek yang bagi saya kurang ‘jujur’. Tapi, tetap saja itu kreatifitas, saya menghargai.

Belakangan, Instagram membuka versi web. Pertama, saya jadi sebal karena foto-foto itu bisa disimpan – versi aplikasi mobile-nya ngga bisa. Kedua, orang jadi lebih gampang komentar…

Nah, fungsi komentar itu yang sekarang ‘disalahgunakan’. Seperti halnya bakul-bakul di facebook, para bakul di instagram juga mulai beraksi. Mereka membuat akun instagram, lalu spam komentar di mana-mana. Isinya sama persis, seperti copy-paste saja – sesuatu yang sangat gampang dilakukan di desktop. Beberapa ada yang lumayan ‘sopan’, minta maaf, terus nyediain link ke akunnya sendiri yang berisi foto barang jualannya. Yang paling ngeselin, mereka kasih link ke alamat ga jelas untuk promosi jualan klik iklan ga jelas…

Bener-bener deh, harus ada kode etik online marketing ini.

Tinggalkan Balasan

