Dua Dropbox dalam Satu Komputer

Oke baiklah. Kalau Anda punya akun dropbox for business, ini ngga jadi masalah. Anda akan punya client desktop khusus yang memungkinkan Anda memiliki lebih dari satu akun dropbox di satu komputer. Masalahnya, saya punya dua akun dropbox yang keduanya akun gratisan.

Jadi cara sederhana (yang saya temukan di internet juga) singkatnya adalah:

1. Buat folder untuk dropbox di harddisk yang tidak terkait dengan user. Jadi jangan bikin di my documents, tapi bikin di D:\ atau di C:\. Buatkan sub folder untuk masing-masing user dropbox nantinya.
Di sini saya buat folder drop box dengan sub folder hanin dan timdropbox.

dropbox1

2. Buat dua user di komputer, salah satunya sebagai administrator. Akun administrator ini akan menjadi user utama Anda sehari-hari. Sebagai administrator, user ini bisa mengakses dropbox desktop di user kedua. Berikan password untuk tiap user. Di sini saya buat user ‘user’ sebagai administrator dan ‘timdropbox’ sebagai user biasa.

dropbox2

3. Install dan setting masing-masing dropbox di kedua user tersebut. Perhatikan bahwa letak folder sinkronisasi disesuaikan dengan folder di langkah 1. Setting ada di tab Akun.

dropbox3

4. Login ke Windows sebagai user yang memiliki hak akses administrator. Buat shortcut ke file dropbox.exe milik user kedua. Letaknya ada di “C:\Users\username\AppData\Roaming\Dropbox\bin\Dropbox.exe” Di sini letaknya ada di “C:\Users\timdropbox\AppData\Roaming\Dropbox\bin\Dropbox.exe”

dropbox4

5. Di shortcut yang telah dibuat, klik kanan lalu pilih Properties. Di Target shortcut, tambahkan :”runas /user:username /savecred”. Di sini, lengkapnya akan menjadi “runas /user:timdropbox /savecred C:\Users\timdropbox\AppData\Roaming\Dropbox\bin\Dropbox.exe”

dropbox5

Dalam kasus saya, saya menghilangkan /home di ujung target shortcut karena menyebabkan dropbox ini lambat dimuat.

6. Jalankan shortcut tersebut dengan double click. Untuk pertama kali, Anda akan ditanya password dari user kedua. Selanjutnya password ini akan disimpan sehingga tidak perlu memasukkan password lagi.

7. Lihat di notification area ada dua dropbox aktif.

dropbox6

Demikian juga jika dicek di di Task Manager, akan ada dua proses dropbox, dari ‘user’ dan dari ‘timdropbox’.

dropbox7

Mudah-mudahan bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s