Mengenal SQL Server

Tulisan ini sebenarnya lebih bersifat dokumentasi pribadi, dari hasil trial and error (and error melulu) selama saya terjerumus ke pusaran sql server. Kalau Anda masih nekat mau baca juga, mari kita sepakati beberapa hal. Pertama, semua yang ditulis di sini dalam lingkungan sql server 2000. Memang sql server 2005 sudah setahun lalu beredar, tapi saya belum pernah membukanya. Jadi mungkin ada beberapa hal yang tidak kompatibel jika Anda jalankan di sql server 2005.

Kedua, saya menganggap Anda memiliki pemahaman komputer di level intermediate. Maksud saya, Anda sudah tahu bedanya database dengan tabel, dan bedanya fisik database dengan logic database. Beberapa istilah tidak saya terjemahkan, semata-mata karena saya tidak tahu bagaimana menterjemahkannya.

Ketiga, trik yang saya lakukan di sini, tidak sepenuhnya saya ketahui dampaknya terhadap aplikasi yang Anda tulis. Jadi berlakulah aturan tukang parkir: hilang/rusak tanggung sendiri.

Setuju tidak setuju, silakan teruskan membaca.

Instalasi

Pada saat instalasi, ada dua pertanyaan yang menarik. Pertama soal instance dan kedua masalah authentication mode.

Kalau Anda hanya punya satu server, dan tidak berencana melakukan replikasi, Anda bisa pilih instance ‘default’. Dengan opsi ini, SQL server Anda akan dikenal sebagai ‘local’, dan akibatnya Anda tidak bisa mengkoneksikannya ke SQL server Anda di mesin lain. Jika Anda mengisikan nama instance-nya, Anda bisa dapatkan server yang berfungsi penuh, dengan fitur replikasi dan sejenisnya.

Untuk authentication mode, Anda punya dua opsi: Windows authentication mode, atau Mixed mode. Jika Anda pilih Windows authentication, Anda hanya bisa login ke SQL server dari komputer lokal. Jika ingin menggunakannya dalam jaringan, Anda harus mengeset jaringan Anda dalam modus domain, kemudian tiap user domain itu Anda beri hak akses ke SQL server. Namun jika Anda memilih Mixed mode, Anda bisa login menggunakan keduanya: user domain atau user SQL. Jika jaringan Anda dibangun dalam modus workgroup, Anda bisa tetap login menggunakan user default SQL yaitu ‘sa’.

Namun sebetulnya kedua opsi ini bisa Anda ubah setelah Anda selesai menginstall. Yaitu dari Enterprise Manager, di menu ‘Edit SQL Server Registration Properties’.

Service Manager

Icon tray yang nongol ini berisi tiga hal: SQL Server itu sendiri, SQL Server Agent, dan Data Transformation Service (DTS). Server Anda sebaiknya menghidupkan otomatis ketiga service ini setiap kali Windows dinyalakan.

SQL Server jelas dipakai untuk menjalankan server SQL Anda. Sedangkan SQL Server Agent banyak berguna untuk scheduled jobs, seperti misalnya scheduled backup. DTS sendiri digunakan untuk menjalankan ekspor-impor data, ke dan dari berbagai format database.

Books Online

It’s all in the docs. Okelah, ngga semua, nyaris semua. Dokumentasi sql server termasuk lengkap, dengan bahasa ‘international english’, disertai topik-terkait dan step-by-step guidance. Lumayan untuk belajar, kalau Anda ada waktu. Lumayan juga untuk troubleshoot, tinggal search. Hasil search-nya juga dipilah per topik/section.

Anda bisa membaca online help ini tanpa terkoneksi ke internet, bahkan tanpa menyalakan sql server-nya.

Path Fisik Database

File database di SQL server disimpan dalam bentuk [namadatabase].mdf sedangkan log-nya dalam [namadatabase].ldf. Anda bisa menaruhnya di lokasi default, yaitu di c:\program files\microsoft sql server\mssql\data atau ke direktori lain, atau partisi lain.

Saya belum menemukan cara untuk me-restore database ini dari bentuk mdf-nya. Namun setidaknya Anda harus yakin file .mdf ini tidak kena virus, atau korup. Anda tidak bisa men-defrag drive hard disk yang berisi file .mdf ini tanpa mematikan SQL server. Jika dipaksakan, database Anda dianggap korup (suspect). Cobalah me-restart SQL server, sambil berdoa agar semuanya berjalan normal kembali…

Query Analyzer

Hati-hati bermain-main di wilayah ini. Syntax sql apapun yang Anda tulis di situ, akan langsung dieksekusi ke database Anda. Oya, jangan lupa pilih nama database Anda di drop-down menu di bagian atas toolbar. Kalau lupa, perintah sql Anda bisa nyasar.

Ups, tadi saya tulis ‘langsung dieksekusi’ ya? Gunakan tanda centang untuk mengecek syntax sql Anda, tanpa mempengaruhi database. Kalau analyzer bilang ‘command executed successfully’, baru jalankan ke database memakai tanda panah. Message-nya sih sama saja, tapi dengan tanda panah ini database Anda sudah berubah.

Dua syntax yang paling sering dipakai adalah INSERT untuk menambah record, dan ALTER untuk mengubah record (atau bahkan struktur tabel). Contohnya, jika tabel Anda dilindungi trigger, ketikkan ALTER table [namatabel] disable trigger [namatrigger] untuk menonaktifkan sementara trigger itu. Ganti disable dengan enable jika Anda akan mengaktifkannya kembali.

Import and Export Data

Anda akan masuk ke menu DTS. Aneh ya, kenapa menu-nya ngga dinamain DTS aja sekalian. Di sini Anda bisa mengekspor database sql Anda ke Access, Excel, csv, dan segala macam bentuk database lain.

Sejauh yang saya coba, ekspor data ke Access tidak menyertakan trigger dan stored procedures. Ekspor ke Excel jelas hanya meng-copy tabel-tabel ke sheet-sheet di file Excel. Kecuali Anda berniat mempelajari struktur dan relasi antar-tabel, mungkin ekspor data ini kurang banyak berarti.

Untuk impor data dari Acces, anehnya, seringkali error. Tidak semua baris terambil dengan baik, ada saja baris-baris terakhir yang hilang. Jadi jika Anda berniat menginput lewat ‘jalan belakang’, gunakan saja excel. Namun jangan lupa jumlah kolom harus sama persis, dan baris pertama sheet Anda harus berisi nama kolom yang sama dengan nama kolom di tabel sql. Jika tidak, baris pertama di excel Anda akan diabaikan.

Enterprise Manager

Sepertinya inilah ‘jantung’ sql server yang bisa diutik-utik dengan GUI. Namun selain setting user dan password-nya, Anda sepertinya bisa meng-override hampir semua setting di sini langsung dari aplikasi front-end Anda, dengan membuat hardcode sesuai syntax-syntax di manual.

Di sini Anda bisa me-restore database, membuat backup database otomatis, bahkan memproteksi enterprise manager itu sendiri!

Caranya, buka tab security di sebelah kiri. Lalu ubah properties user ‘sa’, masukkan password untuk ‘sa’ dua kali. Kemudian user administrator/system, bikin ‘deny’. Lantas di nama sql instance kita, klik kanan dan pilih ‘edit sql server registration properties’. Di tab security, centang opsi ‘always ask password’. Klik OK, Anda akan di-disconnect dan diminta password ‘sa’ untuk connect kembali ke sql server.
Hati-hati jangan lupa password ini, atau Anda terpaksa menghapus instance itu dan membuat instance baru.

Membuat Instance Baru

Gampang. Klik kanan sql server group, lalu pilih ‘new sql server registration’. Ini berguna kalau Anda lupa password sa Anda, atau tiba-tiba Anda menyesal telah memilih ‘default’ waktu instalasi dan memerlukan named instance. Langkah-langkahnya mirip waktu instalasi, hanya saja sekarang Anda tidak perlu instal sql server-nya.

Anda bisa punya dan menjalankan beberapa instance sekaligus. Namun Anda harus punya prosesor dan RAM yang cukup untuk itu. Selain itu juga tergantung pada versi sql server Anda. Personal edition hanya bisa satu instance saja yang hidup, sedangkan enterprise edition nyaris tak terbatas. Omong-omong, saya belum paham, untuk apa kita punya banyak instance kalau dalam satu instance bisa ada banyak database?

Restore Database

Ada satu hal penting yang perlu Anda perhatikan waktu me-restore database ini: pilih opsi ‘force restore over existing database’. Dengan opsi ini, database lama Anda yang bernama sama akan di-overwrite oleh database yang baru. Saya tidak yakin jika opsi ini tidak dipilih, apakah database akan di-restore secara incremental atau malah tidak diapa-apain, karena dianggap sudah ada (is it in the docs?).

Hal lain yang biasanya menyebabkan restore database gagal adalah Anda lupa memasukkan path ke lokasi fisik database. Lokasi ini bisa di mana saja, bahkan di remote hard disk sekalipun, namun folder yang Anda maksud harus sudah ada sebelumnya. Sql server tidak bisa membuat folder ke hard disk. Dan jangan iseng di-rename, karena database Anda tidak akan bisa terbaca lagi oleh sql server!

Backup Database Otomatis

Untuk menjalankan ini, sql server agent harus aktif sebagai service. Buka tab management di Enterprise Manager, lalu pilih New Database Maintenance Plan. Di sini Anda bisa menentukan database mana yang akan Anda backup otomatis. Tentukan juga lokasinya, jangan lupa buat dulu folder-nya dan jangan usil di-rename lagi. Anda bisa memilih frekuensi backup. Apakah harian, mingguan, bulanan, atau bahkan tiap jam! Kemudian jangan lupa pilih opsi untuk menghapus backup yang telah lama, apakah berapa hari atau berapa minggu. Jika tidak, harddisk Anda akan dipenuhi backup data ini.

Untuk mengeditnya lain waktu, Anda cukup klik kanan dan edit parameter di dalamnya. Sederhana tapi nyata.

Mereplikasi Database

Saya tidak tahu bagaimana mengkoneksikan database hasil replikasi ke aplikasi Anda. Sepertinya itu sangat tergantung dengan bahasa pemrograman Anda, masing-masing berbeda gayanya.

Replikasi ini mungkin berguna jika mesin server sql Anda tiba-tiba rusak, maka mesin lainnya akan berjalan sebagai mirror. Berbeda dengan backup data yang harus Anda restore dulu (itupun setelah mesin-nya hidup normal kembali), mesin mirror bisa langsung mengambil alih secara real-time.

Tentu saja, dari Enterprise Manager Anda tinggal mendaftarkan mesin mirror Anda, lalu memilih database mana yang akan direplikasi. Tentukan juga mana yang akan bertindak aktif: dikirim dari mesin asal atau di-request dari mesin mirror, dan berapa lama interval replikasi ini Anda perlukan. Pertimbangkan beban jaringan pada saat replikasi ini dilakukan, karena database sql bisa mencapai puluhan megabyte.

About these ads

57 thoughts on “Mengenal SQL Server

  1. Pak saya mau tanya ni kemaren komputer perusahaan saya terkena virus kspoll tapih sudah saya hapus virus tetapi permasalahannya virus juga menyerang file DATA MS SQL 2000 sehingga file yg ada tidak bisa di attack lagi dan ada tulis error I/O bagaimana solusinya pak

    hanin: untuk mencegah, file fisik jangan dikasih ekstensi *.mdf atau *.ldf bikin aja ekstensi *.dolphin misalnya. Kalo udah terlanjur rusak, dicoba attach pakai single data aja. Kapan-kapan saya posting tersendiri di sini. Selamat berjuang…

  2. Mas, saya beberapa waktu lalu melakukan instalasi sql server 2000 for personal pada beberapa PC di kantor saya. Kondisi PC memang sudah pernah dipakai untuk instalasi mysql. Tetapi ada beberapa PC yang databasenya suspect, tanpa diketahui penyebabnya. Saya delete databasenya lalu create new database, setelah digunakan beberapa lama sekitar 20 menit koneksi putus ( buat program sederhana dengan vb ). Tapi waktu attach juga ga mau. saya uninstall lalu install ulang, tetep aja, waktu usernya membuat aplikasi dgn vb databasenya tiba-tiba suspect. Tapi ga semua PC lho…Kenapa ya? trims ya…

    hanin: setahu saya sih kalo suspect gitu gara-gara virus. coba juga install service pack 4-nya sql server, cuma saya pakainya yang edisi enterprise – bajakan si… :)

  3. mas saya mau tanya kalau di kantor pusat saya pakai speedy port berapa yah sql server itu & bagaimana koneksi nya kalau saya mau menggunakan dts atau ada saran apa yang lebih baik agar cabang saya bisa konek sql , thanks be 4

    hanin: saya ngga ngerti kalo udah antar-cabang gitu Mas. Saya cuman pengalaman di LAN aja. Soalnya kalo udah lewat internet, musti konfirm ke speedy-nya, port itu dibuka apa ngga. Terus di server-nya juga mesti dibuka firewall-nya.

  4. hallo…pak saya punya masalah dengan sqlserver 2000 di windows server 2003. ga bisa login, padahal kalo pake selain windows server 2003 bisa, ada yang bilang install patch sp4nya…, trus gimana caranya? kalo pake patch sp3 bisa ga??makasih….!!

    hanin: Iya, saya juga ada beberapa masalah yang tiba-tiba selesai dengan sendirinya setelah dipasang sp4. Termasuk client yang ga mau login, dan beberapa query yang macet. ‘Kalo ada sp4, ngapain pake sp3 :) ‘…

  5. MAS TOLONG DONG DIBAHAS SQL SYNTAQ YANG RUMIT SEPERTI BAGAIMANA MENGGUNAKAN JOIN, BAGAIMANA MELAKUKAN QUERY, DISINI MAKSUD SAYA JANGAN MENGGUNAKAN BAHASA SQL DASARAN

    hanin: Hihihi… baru denger tuh ada yang namanya sql dasaran… Bisa aja deh Mas Angga nih.

  6. create view VpendidikanAkhir
    as
    select data.* from
    (select RP.nip,RP.nama,PDDK.kdtingkat,PDDK.kdjurusan,PDDK.tingkat,
    PDDK.jurusan,RP.no_ijazah,RP.thn_lulus from Rpendidikan RP,Vkode_pendidikan PDDK
    where RP.kdpendidikan=PDDK.kdjurusan
    and left(RP.kdpendidikan,2)=PDDK.kdtingkat
    )as data,

    (select nip,max(thn_lulus)as thnlulus from Rpendidikan
    group by nip)as maks
    where data.nip=maks.nip and data.thn_lulus=maks.thnlulus

    ini contoh membuat view untuk menentukan data pendidikan terakhir dari riwayat pendidikan seorang pegawai….

    kurang rumit..????

    hanin: rumit… pusing… ampun…

  7. query mengambil top rangkin 10

    select top 10 item, name,sum(qty)
    from database..nama tabel
    where ctg like’01’and
    date between ‘2008-01-01’and’2008-01-30′
    group by item,name
    order by sum(qty)desc

    misalnya : silahkan terjemahkan sendiri saya yakin anda bisa yang sudah biasa dan familiar dg query mssql 2005

    –melihat omzet item terjual_pertgl

    use database
    select g.item,g.name,date,CONVERT(DECIMAL(11,0),g.price_1)as price_1,
    sum(g.qty)as jum_qty,sum((CONVERT(DECIMAL(11,0),g.price_1)*g.qty))as total
    from p27mc..x_inv g

    where g.item like ‘01%’and date between’2007-10-11’and’2007-10-11′

    group by item,name,price_1,date
    order by item

    terjemahkan sendiri kawan2

    tip beckup dan restore dengan tipe .dat
    banyak cara seh :

    declare @file char(5), @target varchar(256), @rar varchar(256)
    declare @log int, @max int, @loop int, @cmd varchar(256)

    truncate table logShip..logdir
    insert into logShip..logdir (result) exec master..xp_cmdshell ‘dir d:\dt\log’

    set @file = ‘b27mc’
    set @log = (select log_num from logShip..loglast where log_file=@file)
    set @max =
    (select max(substring(result,45,3)) from logShip..logdir
    where substring(result,40,5) = @file)
    set @loop =
    (select count(substring(result,45,3)) from logShip..logdir
    where substring(result,40,5) = @file
    and substring(result,45,3) > @log)

    select @loop,@max,@log

    if @max=@log+@loop
    begin
    while @loop > 0
    begin
    set @rar=’d:\dt\log\b27mc’+convert(varchar(4),@log+1)+’.rar’
    set @cmd=’7z e ‘ + @rar +’ -od:\dt\log -y’

    exec master..xp_cmdshell @cmd

    set @cmd = ‘move /y d:\dt\log\b27mc’+convert(varchar(4),@log+1)+’.rar d:\dt\log’

    exec master..xp_cmdshell @cmd

    set @target=’d:\dt\log\b27mc’+convert(varchar(4),@log+1)+’.dat’
    restore log b02gp from disk = @target with standby = ‘d:\dt\log’
    — move ‘bis_2004_data’ to ‘d:\dt\mssql\b02gp\b02gp_data.mdf’,
    — move ‘bis_2004_log’ to ‘d:\dt\mssql\b02gp\b02gp_log.ldf’
    update logShip..loglast set log_num = @log+1, idate=getdate()
    where log_file = @file
    set @log = (select log_num from logShip..loglast where log_file=@file)
    set @loop = @loop-1
    select @loop, @log

    end
    end
    exec master..xp_cmdshell ‘del d:\dt\log\*.dat’

    banyak cara seh…

    ada tip dan trik cara sepat export dan import database sql server 2005

    pake EMS MS SQL Data Import dan EMS MS SQL Data Export
    gampang pisan…banyak tipe database bisa

    saya punya software plus cracknya
    bagi temen2 yang butuh…
    bole dech di bantuin

    nanti banyak di bahas tip dan trik ….yang laen…

    hanin: hehehe… males ah baca koding ginian. tapi makasih deh…

  8. Buat mas budisa:

    >>budisa13

    >>mas saya mau tanya kalau di kantor pusat saya pakai >>speedy port berapa yah sql server itu & bagaimana >>koneksi nya kalau saya mau menggunakan dts atau ada >>saran apa yang lebih baik agar cabang saya bisa konek >>sql , thanks be 4

    Pengalaman sy dikantor ada 4 cabang pakai speedy semua. untuk koneksi ke sql server lewat internet disini menggunakan openvpn. trus untuk port openvpn di forwardingkan di modemnya. atau kalo pakai router linux bs menggunakan iptables. sejauh ini sangat bagus.

    hanin: tengkyu Mas Hari. That should solve my problem too :)

  9. Buat mas Luqman:

    >> Punya Program untuk menghapus / memperkecil Data LOG SQL.. (.ldf) ??

    aku biasanya pakai syntak sql biasa mas. spt ini. aku taruh di job:

    Use HRMDB
    BACKUP LOG HRMDB WITH TRUNCATE_ONLY DBCC SHRINKFILE(2, 2)

    ini kalau nama databasenya HRMDB. ganti aja sama punya mas.

    hanin: nice, solusinya gampang dan cepat. Bravo and thank you lagi dah.

  10. Siang mas, salam kenal… Dikantor saya masih menggunakan SQL2000.. Saya lagi belajar PHP dan Mysql. Gimana caranya saya konvert seluruh database SQL2000 ke MySQL yach…
    Atau mungkin ada Software untuk konvert itu?
    Thank’s before..

    hanin: ada, software dari SpectralCore. Kalo sekedar data dan gak banyak sih bisa lewat Access, Excel, atau csv terus dikirim ke MySQL. Cuman untuk convert query ama relationship suka error, karena beda syntax.

  11. pak saya mau tanya donk, saya install
    sql server developer edition tp kok saya
    tidak bisa panggil servernya ya
    di komputer yg pakai ip
    addres ya servernya? (didalam jaringan LAN)
    Mohon di jawab ya, thanks a lot

    hanin: wah, ngga pernah make edisi developer. jangan-jangan emang ngga boleh dikonek dari luar tuh, coba liat lisensinya. ato dicoba make nama server. ato otentikasinya make sql authentication, jangan yg windows/domain auth. halah, kok jadi trial and error ya… hihihi.

  12. Mas mas sekalian /tq ya atas pemberitahuan tentang ilmunya, tapi ane ada yang kurang ngerti nich mas mas sekalian, kan tadi di pembahasan, kalo mau access sqlnya lewat internet itu menggunakan openvpn, atau minta di setingin dari internet/spedynya

    Pengalaman sy dikantor ada 4 cabang pakai speedy semua. untuk koneksi ke sql server lewat internet disini menggunakan openvpn. trus untuk port openvpn di forwardingkan di modemnya. atau kalo pakai router linux bs menggunakan iptables. sejauh ini sangat bagus.

    nah tolong dong pencerahan lebih jelasnya untuk openvpn nya…. masih awam nich, baru keluar dari rahim sql…… hehehehe tolong ya mas….

    hanin: mas, kalo pengin ngubek openvpn silaken baca di openvpn.net – kalo udah jago, kita-kita diajarin juga yah :P

  13. pa, saya mau tanya, bagaimana caranya membuat Log system pada database sql server 2000. Dimana saya sudah ada tabel user name. saya ingin mengetahui yang melakukan update, insert or delete berdasarkan ID dan User Name tersebut. Terima kasih.

    hanin: log database kan udah ada di file *.ldf ? kalo log dalam tabel, coba bikin satu tabel lagi, lalu pakai trigger after update/insert/delete, nanti tiap action akan menulis ke tabel tsb ID dan username-nya, bagus lagi kalo dikasih waktu (ambil dari jam server). teknisnya agak panjang jelasinnya, coba liat-liat di menu help atau googling sedikit. semoga membantu.

  14. bagaimana cara mengkoneksikan asp dengan sql server 2000??
    soalnya saya udah mencoba banyak source code tapi tetap error terus!!!
    cara termudah dan afektif gimana ya

    hanin: halah. mungkin, parameter koneksinya gak sesuai (nama database, nama server, password/user admin). atau di sql2000 sendiri ngga diset untuk koneksi lewat sql user (masih login lewat windows). kebanyakan source kan sudah diuji oleh banyak orang, jadi rasanya modus koneksi nya standar aja.

  15. Mas, mau nanya tentang DTS di SQL Server 2000.
    Bagaimana ketika mau import db1 ke db2 hanya data2 yang baru saja terkirim ke db2, karena di db2 sudah ada data yang sama. Terima kasih Mas.

    hanin: pakai opsi incremental Mas.

  16. Mas saya mau tanya, saya install microsoft sql server 2005 waktu setengah jalan proses install komputer restart dan setelah masuk windows komputer restart lagi dan seterus begitu. Kenapa ya mas apa ada patch tambahan sebelum install microsoft sql server 2005. Mohon bantuan mas, terima kasih.

    hanin: waks, gak tau! hehehe, blom pernah sampai segitunya sih. windowsnya apaan? coba dipakein SP-nya yang terbaru, sama msi-nya juga.

  17. om sql server 2000 pa gk support sama windows7. di instal bisa tpi service manager kok gak bsa konek otomatis. nama server pun gak muncul kudu ngetik manual. knapa ya….maksh

    hanin: wats, sorry ga pernah pake di windows7…

  18. Cuman sekedar info, untuk windows Vista dan windows7, untuk mengaktifkan Servis Managernya harus dari Control Panel, Administrative Toll, Services. Pilih Servis ‘MSSQLSERVER’ lalu klik kanan-properties, startup typenya diubah ke automatic, trus star. begitu juga untuk Servis ‘SQLSERVER AGENT’

    hanin: ealah… ntu toh mangsudnya… iya, emang di vista dan 7 itu semua-mua kudu liwat administrative tool dulu… tengkiyu!

  19. Pak, saya mau tanya, bagaimana cara connection database sql 2000 mengunakan microsoft Access 2007 biar bisa langsung edit data tabel di database.

    hanin: kalo dari Access lewat native ODBC nya aja mas…

  20. maaf mas gini saya membuat aplikasi distro dengan vb2005 dengan database sql server 2005 dalam aplikasi yang saya, saya ingin backup data lewat vb2005 dengan menyambung ke sql server 2005 jd saya gak harus beckup data dari sql server 2005 nya biar lebih gampang untuk pemakai aplikasinya nanti tolong bantuanya dong mas
    trimakasih

    hanin: waks, sila dicari di repo vb, saya ngga makek vb neh.

  21. Salam sejahtera,..
    saya mau bertanya, kq sewaktu saya install sql error terjadi Error yang katanya setup failed to configure the server. Refer to the server error log and c:\Windows\sqlstp.log for more information

    hanin: silakan dianalisa error log di mesin server Anda dan log sqlstp itu sendiri.

  22. Mas, Saya mau tanya, berapa y Maksimum dari jumlah record dan maks tabel SQL Server y??
    mhon penjelsanny..terima kasih..

    hanin: untuk maksimum, sebesar maksimum kapasitas media penyimpanan anda. namun perlu diingat optimasi manipulasi atas tabel tersebut di belakang hari. spesifikasi manipulasi itu bisa dilihat di sini:
    http://msdn.microsoft.com/en-us/library/ms143432.aspx
    mudah-mudahan membantu.

  23. gimana cara disable restore database pada Enterprise Manager SQL Server 2000? Makasih atas jawabannya…

    hanin: mungkin bisa dimainkan lewat gpc di dc-nya?

  24. Apakah benar aplikasi yang dibuat menggunakan vb 6.0 dan sql server 2000 hanya bisa digunakan jika komputer yang akan digunakan terdapat vb 6.0 dan sql server 2000?

    hanin: untuk vb 6.0 -nya iya, minimal core-nya. kalau sql server-nya bisa di link kan ke komputer lain (server) yg punya sql server 2000.

  25. Pak,saya mau tanya. gimana cara konfigurasi VB+acces dari intranet biar semua bisa akses. saya bingung cara koneksinya

    hanin: maaf, saya ngga begitu paham. setahu saya, aplikasi VB-nya musti install di client, lalu access-nya buka di server. jangan lupa setting permission dan port-nya jika perlu.

  26. choky :
    gimana cara disable restore database pada Enterprise Manager SQL Server 2000? Makasih atas jawabannya…
    hanin: mungkin bisa dimainkan lewat gpc di dc-nya?

    maksud nya lewat GPC di DC gmana pak de??

    hanin: group policy editor, di domain controller.

  27. Saya mau tanya bagaimana caranya mengekspor database mdb ke sql server
    saat ini saya menggunakan Microsoft Access 2007 dan SQL Server 2005
    saya mau ekspor isi didalam tablenya

    thanx y Gan
    ditunggu jawabannya

    hanin: sudah dicoba pakai Data Transformation Service dari SQL? Atau pakai Upsizing Wizard dari Access? Ini ada link dari Microsoft, silakan dibaca-baca.

  28. om.kalo tempdb ama msdb log full ,ngaruhnya dimana boss? dan solusinya diapain ini bos?

    hanin: ya di-reset aja lagi…

  29. Mas aku baru install sql server 2000, tapi kok ga jalan service managernya, gambarnya off (tanda kotak merah) gimana supaya jalan yaahhh, bingun neeeh, baru belajar dah bingung…

    hanin: klik dobel ikon service manager di tray. nanti muncul popup window, isinya nama server, lalu di bawahnya ada services. pilih yang SQL server, klik panah ijo Start/Continue. tunggu sebentar, nanti nyala kok. kalau mau tiap Windows hidup langsung on si server ini, hidupkan centang di bawahnya auto-start service when windows starts. caranya sama untuk DTS dan SQL agent, tinggal pilih dari drop-down box di kolom Services. happy SQLing!

  30. salam kenal mas….

    saya maw tanya, bisa gak kita membackup dan merestore data melalui form visual basic 6.0

    tolong pencerahan nya mas, saya sudah browsing sana-sini dan ada keterangan harus pakai SQLDMO… tapi setelah saya coba gak konek mas…

    tolong donk pencerahan nya mas… thanks

    hanin: sorry, saya ga pakai VB. daripada salah n sok tahu… hehe. coba main di forum VB developer aja, siapa tahu ada yang bisa kasih solusi.

  31. Mas sy mau ngambil database yang ada di sql server 2000,
    pas di copy/ di eksport, stored procedure ama view nya ga ikut di copy,
    yang ada cumannn ntable nya aja mas,
    mohon bantuannya~

    hanin: dieksport ke mana Mas? Kalau diambil untuk dipakai ke sesama sql server bisa dibackup aja ntar direstore lagi kan?

  32. mw nanya gan, saya memakai sql server 2000,pada waktu register dari klien ke server kok ada pesan erorr begini “a connection could not be established to server”. pada hal jaringan lan di ping lancar2 saja, data share jg lancar,komputer klien dan server jg sudah 1 group,saya cek tcp/ip nya jg dah sama.saya login pake user : sa, password saya kosongin. saya bingung ne gan, mohon petunjuk dan solusinya. trims

    hanin: maaf ya, setelah connection could not be established kan ada terusannya: reason…. bla bla bla. nah, masalah yang terjadi ada pada keterangan setelah reason itu. cari aja solusinya di microsoft knowledge base, ketikkan reason di kolom search. mudah-mudahan membantu.

    • tenkyu atas infonya, tadi dah saya searching tp malah tambah bingung gan, mohon petujuknya, “reason : sql server does not exist or acces denied. Connection open(Connect))..”

      hanin: untuk masalah itu dikupas tuntas di sini: http://support.microsoft.com/?id=328306 silakan dicoba step-step yang disarankan. good luck.

  33. bos, mw nanya setiap instal sql server 2000 kok pada pesan ahir instal selalu muncul pesan appcrash, solusinya gimana biar sql bisa di instal lg. mohon petunjuknya, trims,,,

  34. mas mau nanya cara ngakalin install sql server 2000 di seven gimana y, enterprise y crash mulu,..

    hanin: coba level UAC-nya diturunin dulu. SQL2000 memang ngga di-support secara resmi di 7, gara-garanya UAC.

  35. mas mau tanya?ni saya bru instal win server2003 dan mssql 2000. saya mau masukkan database ke sqlnya. tp databasenya saya ngopy dari server satunya. tiap saya mau restore kok gak detek ya mas hasil copian saya tadi. masalahe programere gak mau ngajarin. tolong dijelaskan secara jelas mas terima kasih………

    hanin: yang di-copy dari server lama itu file apa? kalau bukan file backup, tapi file fisik aslinya (ekstensi nya .ldf dan .mdf) maka cara restore-nya agak beda. Lihat salah satu thread-nya di sini: http://www.sqlteam.com/forums/topic.asp?TOPIC_ID=85187

  36. bagaimana agar database aplikasi kantor saya bisa saya jlnkan dikomputer rumah, thank’s

    hanin: wah, panjang langkahnya… intinya, server database harus bisa dicapai lewat internet (dengan IP statis atau bantuan dynamic DNS), lalu di firewall server juga di-set agar diperbolehkan koneksi dari internet (bukan hanya intranet) untuk masuk ke database.

  37. Mas saya ingin belajar SQL dasar untuk seperti export atau import data dari SQL, dan bgm kita mulai belajar dasar SQL ini ya. mhn bantuannya mas

    hanin: untuk import-export data, bisa digunakan DTS bawaan MSSQL.

  38. saya mau tanya.. sya blajar bwt pgram db nya sql. awalnya saya bka di jaringan bisa… krn komp yg saya pke lelet. saya pndah ke komptr lain yang masih satu jaringan… kenapa tdak bisa saya buka d jaringan padahal koneksinya sudah saya sesuaikan dengan komptr yang baru
    makasih sblumnya…

    hanin: maaf, saya kurang jelas dengan kasusnya, masalah firewall atau permission barangkali?

  39. Tolong dibantu ya, ,

    Aq mau buat koneksi dari Vb pake adodc trus masuk connection string aq pilih provider sql server trus sy masukan servername = Yadika-Pc trus pada saat pemilihan database name muncul pesan Microsoft Data link Error Login Failed for user = ‘Yadika-PC\Yadika’

    aq pake Win 7, ,
    mohon bantuannya ya mbak ato mas

    hanin: barangkali bisa dicek, apakah parameter username/password-nya sudah benar? lalu di sql server-nya login dengan sql credential atau windows login?

  40. mas tanya sih,syntax attack database menggunakan query analyzer dengan data di folder lain gimana ya? tanx

    hanin: yea…. yang gini ga enak jawabnya….

  41. Mas mau tanya, kemaren saya defrag partisi hdd komptr server di mana database sql server (.mdf) tersimpan, saya defrag ketika sql service nya lagi running trus koneksi aplikasi dari komptr client nya jadi lemot bahkan hang. Proses defrag nya ga sampe selasai langsung saya stop. Gimana cara memulihkan koneksi nya mas? Thanks.

    hanin: lha bukannya kalau direstart udah beres tuh masalahnya?

  42. gimana caranya koneksi database sqlserver2000 dengan modem gsm kapasitas band with kurang 500 mb

    hanin: maaf, itu maksudnya modem gsm buat ngapain? sebagai klien gitu? kan tinggal di-konek-in terus tembak ke server nya sql2000 to?

  43. Sory gan,numpang tanya… ini saya ada masalah speed, saya punya 2 tabel
    NotaJual (nota – Key, tgl, admin, store) dan DetailJual (NoNota, Brg, Qty,Price) indexnya Nota & Brg.
    Querynya simple koq : select * from Notajual, DetailJual where NoNota = Nota,, tapi record yg dihasilkan 4Juta Record dan perlu waktu 14Menit! gimana caranya supaya bisa cepat paling gak 2 – 3 menit… Thank

    hanin: silakan googling untuk speed up sql server query. beberapa tips diantaranya: menggunakan index fill factor, atau indexed views.

  44. numpang nanya dong mas..
    klo cara export dan import sql server management studio express yang 2005 gmana ya..
    mohon pencerahannya

    hanin: tool untuk sql 2005 express memang sedikit. silakan liat diskusi di social msdn microsoft ini mengenai beberapa metode export-import (ada yg memasukkan DTS-nya sql2000 sebagai external tool, atau unduh dan install toolkit khusus untuk sql2005).

  45. om kalo mengatasi msdb suspect gimana om, tolong di bantu om, saya sudah coba googling tapi belum dapet pencerahan,

    hanin: sila coba skrip berikut:
    EXEC sp_resetstatus ‘DATABASE_NAME’;
    ALTER DATABASE DATABASE_NAME SET EMERGENCY
    DBCC checkdb(‘DATABASE_NAME’)
    ALTER DATABASE DATABASE_NAME SET SINGLE_USER WITH ROLLBACK IMMEDIATE
    DBCC CheckDB (‘DATABASE_NAME’, REPAIR_ALLOW_DATA_LOSS)
    ALTER DATABASE DATABASE_NAME SET MULTI_USER

    mudah-mudahan membantu.

  46. ms…tanya…cara nya..agar semua data yang ada di database…ke backup…dari tabel sampai store prosedurenya…lou..storeprosedurenya ..di enckripsi…caranya gimana untuk backupnya….suwun mas

    hanin: lha bukannya kalo backup dari enterprise manager (sql2000) / management studio (sql2005+) itu termasuk struktur tabel, isi tabel, view, trigger, stored procedure dkk ?

  47. mas sy mau tanya,sy punya database tapi ga bisa di koneksikan ke pc lain,sy cb t4 lain bisa tp di pc yg ini ga bs knp ya mz..sy mau private sql server 2000 bisa mas.ini alamat email sy.agustinpoetra@gmail.com

    hanin: mungkin ada masalah dengan firewall/antivirus, yang memblokir port sqlserver-nya.

  48. mau tanya mas, sql saya kok selalu muncul “SQL-Front has stopped working” kayak gini ya waktu import data. ada masukan mas?
    tengkyu sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s